selamat datang

SELAMAT DATANG di KELAS PAK MAR SELAMAT BELAJAR...... S Mari berbagi dan berkreasi semoga bermanfaat

Selasa, 07 Januari 2020

PERNAPASAN HEWAN

Hewan sebagai makhluk hidup melakukan aktivitas bernapas. Hewan juga bernapas seperti halnya manusia, menghirup oksigen mengeluarkan karbondioksida. Hewan tertentu memiliki alat pernapasan khusus sesuai tempat hidupnya. Cara bernapas hewan yang hidup di darat berbeda dengan hewan yang hidup di air. Oleh karena itu, alat pernapasan pada hewan sesuai dengan tempat hidupnya. Ada yang menggunakan paru-paru, kantong udara, insang, trakea atau kulit. Kucing, sapi, dan kerbau bernapas dengan paru-paru, sedangkan sebagian besar jenis ikan bernapas dengan insang. Lain halnya dengan serangga yang bernapas dengan trakea. Tahukah kamu dengan apa cacing tanah bernapas?
A. Hewan Yang Bernapas Menggunakan Paru-paru
Dapatkah kalian menyebutkan contoh hewan yang bernapas menggunakan paru-paru? Mamalia merupakan kelompok hewan yang bernapas dengan paru-paru. Hewan yang menyusui anaknya disebut mamalia. Mamalia ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. Mamalia yang hidup di darat mempunyai alat pernafasan mirip dengan manusia, yaitu hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Mamalia yang hidup di air juga bernapas dengan paru-paru, tetapi pada hidungnya dilengkapi katup. Katup itu akan menutup pada saat menyelam dan akan terbuka pada saat muncul dipermukaan air. Pada saat muncul di permukaan, air mamalia yang hidup di air mengambil oksigen serta mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Contoh mamalia yang hidup di air adalah paus, lumba-lumba dan duyung.

Hewan mamalia menghirup oksigen dari udara seperti melalui hidung. Udara tersebut disalurkan ke paru-paru melalui batang tenggorokan. Paru-paru terdiri atas berjuta-juta alveolus. Pada alveolus, terdapat pembuluh-pembuluh darah kapiler. Oksigen dari udara masuk ke dalam darah melalui pembuluh darah kapiler. Dalam proses pernapasan, karbondioksida di dalam darah dilepaskan dari alveolus. Karbondioksida tersebut kemudian dikeluarkan melalui rongga udara
B. Hewan yang Bernapas Menggunakan Paru-paru dan Kantong Udara
Bagaimana burung bernapas? Burung memiliki alat pernapasan berupa paru-paru dan pundi-pundi udara. Perhatikan Gambar .
Burung mempunyai saluran pernapasan yang terdiri atas lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-apru.
Pada bagian bawah trakea terdapat alat suara disebut siring. Burung mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut pundi-pundi udara yang berhubungan dengan paru-paru. Fungsi pundi-pundi udara antara lain untuk membantu pernapasan dan membantu membesarkan rongga siring sehingga dapat memperkeras suara.
Proses pernapasan pada burung terjadi sebagai berikut. Jika otot tulang rusuk berkontaksi, tulang rusuk bergerak ke arah depan dan tulang dada bergerak ke bawah. Rongga dada menjadi besar dan tekanannya menurun. Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya masuk ke dalam pundi-pundi udara. Pada waktu otot tulang rusuk mengendur, tulang rusak bergerak ke arah belakang dan tulang dada bergerak ke arah atas. Rongga dada mengecil dan tekanannya menjadi besar, mengakibatkan udara keluar dari paru-paru. Demikian juga udara dari pundi-pundi udara keluar melalui paru-apru. Pengambilan oksigen oleh paru-paru terjadi pada waktu inspirasi dan ekspirasi. Pertukaran gas hanya terjadi di dalam paru-paru.
C. Hewan yang Bernapas Menggunakan Insang
Pernahkah kamu melihat ikan di dalam kolam?  Perhatikan gambar ikan dibawah. Bagaimana cara ikan bernapas di dalam air? Ikan bernapas dengan insang.
Ikan yang hidup di air tawar, air laut, maupun yang hidup di payau, semuanya bernapas dengan insang. Insang terletak pada bagian belakang kepala ikan.Insang terdiri atas lembar-lembar insang dan lengkung. Lembaran insang berwarna merah karena mengandung pembuluh darah. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara. Lengkung insang berwarna putih dan berfungsi sebagai tempat melekatnya lembaran insang. Bagaimanakah proses pernapasan pada ikan? Ikan bernapas dengan cara membuka dan menutup insang. Air yang masuk melalui mulut akan dikeluarkan melalui insang. Pada saat air melewati lembaran insang,terjadi pertukaran gas. Air, yang banyak mengandung oksigen, akan masuk melewati insang. Pada saat yang sama, karbon dioksida akan keluar melalui pembuluh darah lembaran insang. Pembuluh darah pun akan mengikat oksigen yang berasal dari air.
Pada saat air melewati lembaran insang,terjadi pertukaran gas. Air, yang banyak mengandung oksigen, akan masuk melewati insang. Pada saat yang sama, karbon dioksida akan keluar melalui pembuluh darah lembaran insang. Pembuluh darah pun akan mengikat oksigen yang berasal dari air. Ikan juga memiliki gelembung udara. Gelembung udara berfungsi sebagai tempat menyimpan oksigen dan mengatur berat tubuh ikan. Oleh karena itu, ikan dapat bergerak naik turun didalam air.












D. Hewan yang Bernapas Menggunakan Trakea
Tahukah kalian contoh hewan yang bernapas menggunakan trakea? Serangga termasuk hewan berbuku-buku. Sebagian besar serangga hidup di darat. Contoh serangga adalah jangkrik, kupu-kupu, belalang, nyamuk, lalat, semut, laron, kecoak.
Alat pernafasan serangga yang hidup di darat berbeda dengan yang hidup di air.  Serangga bernafas dengan trakea.Trakea adalah suatu sistem alat pernafasan yang terdiri atas pembuluh-pembuluh yang bercabang-cabang ke seluruh tubuh. Cabang-cabang ini bermuara di stigma (spirakel). Stigma merupakan lubang keluar masuknya udara. Stigma selalu terbuka dan merupakan muara dari pembuluh trakea.

Trakea bercabang-cabang hingga menjadi pembuluh-pembuluh halus yang tersebar diseluruh tubuh. Perdaran oksigen dilakukan oleh gerakan-gerakan ototnya yang mengakibatkan udara dapat keluar masuk dari tubuhnya. Oksigen tidak masuk kedalam peredaran darah. Oleh karena itu, darah serangga tidak berwarna merah.
Pada trakea terdapat kantong udara kantong hawa, yang berfungsi menyimpan udara yang masuk untuk sementara waktu. Serangga yang hidup di air, misalnya jentik-jentik nyamuk mempunyai alat bantu pernafasan, yaitu tabung pernafasan yang menghubungkan dengan trakea.

E. Hewan Yang Bernapas Menggunakan Kulit
Pernahkah kamu melihat cacing tanah? Perhatikan Gambar cacing. Tubuh cacing tanah tertutup oleh selaput bening dan tipis yang disebut kutikula.
Kutikula ini selalu lembap dan basah. Melalui selaput inilah cacing bernapas. Kutikula menyebabkan udara di dalam tanah dapat masuk ke pembuluh darah cacing. Setelah masuk ke pembuluh darah, udara tersebut diedarkan ke seluruh tubuh.
Tempat lembap membantu proses pernapasan agar dapat berlangsung dengan baik. Itulah sebabnya cacing membutuhkan tempat lembap atau basah.
Alat pernapasan katak adalah paru-paru dan kulit. Namun, ketika masih berbentuk kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Insang tersebut terletak di luar tubuhnya. Setelah menjadi katak dewasa, alat pernapasannya menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.
Advertisements



Tidak ada komentar:

Posting Komentar